Selasa, 03 Februari 2009

Resensi Buku Cyber PR


Penulis : Bob Julius Onggo

Penerbit : PT. Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : 2004

Halaman : 222

Internet dan komunikasi teknologi merupakan saru-satunya media yang membuat seluruh dunia tersambung sehingga mendatangkan dampak sekaligus manfaat yang tidak bisa kita bayangka. Meskipun kebanyakan orang sekarang mengetahui pentingnya media internet dan tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis dan gaya hidup. Banyak orang masih belum mengerti bagaimana memanfaatkan media ini untuk kepentingan perusahaan dalam hal membangun merek yang solid yang dikombinasikan dengan strategi PR konvensional. Kehadiran internet telah mengubah cara orang berkomunikasi. Internet menyebabkan terjadinya the new way of doing business dalam berbagai bidang bisnis, termasuk public relations.

Public Relation adalah ilmu dan seni yang sangat strategis dan dinamis. Berubah setiap saat seiring perubahan situasi dan kondisi. Peran PR bukan saja secara fungsional berada di bawah PR Manager, melainkan pada setiap fungsi front liniers dan senior executives sehingga dapat menghasilkan corporate PR yang efektif. Dalam kondisi pasar saat ini – marketing communication dan brand management menjadi kunci untuk memenangkan persaingan.

Banyak perusahaan dapat melihat bagaimana internet dapat difungsikan melalui pendekatan PR. Melalui penggunaan internet, PR dapat memiliki peranan yang lebih besar dibandingkan saudaranya di dunia fisik. Oleh karena itu setiap aspek aktivitas online suatu perusahaan sebenarnya memiliki kekuatan untuk mempengaruhi hubungannya dengan publik. Informasi dan komunikasi harus dapat diupayakan dengan upaya yang maksimal.

Melalui media inilah terbentuk suatu tren baru, suatu bentuk PR baru yang disebut Cyber Public relations atau disingkat E-PR. Untuk itulah buku Cyber PR karangan Bob Julius Onggo ini akan menjelaskan dan memberikan tips bagaimana menjadi seorang PR modern yang mampu memperluas jaringan perusahaan serta menjalin hubungan yang baik dengan customer melalui internet.

Terus terang buku ini tidak akan meyakinkan kita akan pentingnya internet, dan ini pun bukan lagi rahasia umum, namun fakta bila memiliki buku ini saja sebenarnya sudah membuktikan bahwa kita sudah sepenyhnya mengerti akan kekuatan media internet dalam membangun kepercayaan publik. Sebaliknya buku ini akan mengeksplorasi dan menjelaskan prinsip-prinsip dan taktik PR dengan menggunakan media internet. Rasanya semua praktisi PR perlu membaca buku ini guna mengembangkan kemampuannya sebagai PR yang modern.


Tidak ada komentar: